Kota Wisata Batu

Makam Mbah Mayangsari


 

 

 

Mbah Ageng Mayang Sari merupakan Bedah Kerawang (Orang Pertama Yang Membuka Desa) Desa Pesanggrahan. Mbah Ageng Mayang Sari merupakan istri dari Mbah Joko Nurjoya yang berasal dari Mentarang, Jawa Tengah.

Beliau melakukan perjalanan ke Pesanggrahan ketika terjadi peperangan melawan penjajah bersama anaknya Siti Dewi Maimunah. Beliau wafat pada tahun 337 M dan di semayamkan di Desa Pesanggrahan bersama anaknya. Beliau pernah berkata kepada masyarakat pada zaman itu, yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan, “Ketika Ramainya Jaman Maka Akan Dijadikan Sebagai Desa Batu Pesanggrahan”.

Menurut kepercayaan masyarakat, air wudlu yang berada di makam bisa digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Selain itu pada hari-hari tertentu seperti suroan, kamis kliwon, Jum’at legi sering dilakukan ritual keagaman.

Makam Mbah Mayangsari banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar Kota Batu seperti Banyuwangi, Jember, Prambon, Pasuruan, Surabaya dan sebagainya. Dan untuk menuju ke lokasi makam, bisa menggunakan kendaraan pribadi, angkutan atau menggunakan ojek.

Kuncen (Juru Kunci)

Juru Kunci yang menjaga makam dan berprofesi sebagai paranormal bernama Mbah Misdi (lahir, 17 Agustus 1945), beliau sudah 30 tahun menjaga makam sejak tahun 1979 – 2009 dan selama 5 periode pergantian kepala desa. Mbah Misdi merupakan generasi ke – 7 yang menjadi kuncen di Makam tersebut dan paling lama dari kuncen-kuncen sebelumnya.

Fasilitas

  • Makam Mbah Ageng Mayangsari dan Anaknya Siti Dewi Maimunah
  • Tempat Wudlu
  • Jalan
  • Ruang Do’a
  • Area Parkir
  • Luas Makam 10 x 20 m

Galeri Foto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: