Kota Wisata Batu

Desa Kungkuk


Kampung Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan  Bumiaji. Kota Batu Propinsi Jawa Timur memiliki potensi alam dan lingkungan yang eksotis yang dapat dikembangkan sebagai alternatif wisata di kota Batu selain wisata lain yang sudah berkembang di kota Batu.

Pesona Alam dan lingkungan

Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Propinsi Jawa Timur merupakan sebuah dusun yang berada di lokasi wisata kota batu yang bertetangga dengan taman wisata selecta yang sudah terkenal di wisata Jawa Timur. Dusun ini berada diperbukitan dengan jumlah penduduk sekitar 49 Kepala Keluarga dengan pekerjaan rata-rata sebagai petani.

Wilayah ini seperti daerah disekitar lainya berada diperbukitan dengan pemandangan pesona matahari terbit dari ufuk timur dan juga dapat menikmati pesona  matahari terbenam di ufuk barat yang erotis. Begitupun cuaca yang terkadang diselimuti kabut tebal akan menambah kuatnya suasana dingin yang pesoana ini  memikat dan menggoda para pemandu kenyaman dan keindahan untuk beristirahat dan menikmati panoramanya. Sehingga rumah istirahat, rumah hunian, resort, cottage, restoran  dan bahkan hotelpun diperlukan. Untuk mempesona wilayah menarik juga dijadikan batas wilayah dusun dengan benteng dusun yang multi fungsi baik sebagai tembok penahan lereng gunung juga sebagai olah raga dan wisata keliling kampung.

Wilayah ini memiliki suhu yang dingin sehingga berbagai jenis tanaman hias bersuhu dingin dapat berkembang subur dengan warna warni yang menghiasi udara sejuk, sehingga mengundang para pencinta parfum untuk menjadikan proses pembuatan parfum dan menikmati harumnya aroma bunga.

Begitupun para petani yang sudah turun menurun bertani apel, jeruk, sayur, tomat wortel, dll juga tumbuh sesuai dengan suhunya yang sejuk menggemaskan rasa ingin memetiknya dan membawanya sebagai buah tangan dan menjadi pandangan yang elok bagi para tamu untuk berkebun bersama dengan keluarga.

Hasil tani yang melimpah menantang para teknokrat untuk menetaskan teknologinya mengubah hasil tani menjadi hasil olahan yang khas dan berkualitas sebagai buah tangan dusun kungkuk yang juga merupakan hasil produk sebagai peningkatan ekonomi masyarakat. begitupun hasil sayuran yang anti pestisida sangat mungkin dikembangkan didusun ini.

Suara burung, ayam, kambing, sapi dan kelinci diperbukitan ini menambah khasnya sebuah kampung. yang akan memancing para penggemar ternak untuk mengajak bersama merasakan secara langsung bagaimana memelihara ternak, pengandangan dan melihat bagaimana sebuah produk ternak diproses.

Pohon pinus yang berjajar seakan membatasi wilayah kampung dengan hutan liar perbukitan yang perawan yang dilengkapi lereng yang tajam mengoda para pengagum out bond,  perkemahan, flying fox, kursi gantung, olah raga gunung, sepeda gunung, mobil gunung dan lain sejenisnya. Suara ngarai gemercik yang membangunkan para penghuhi sungai mengalir membawa sejuknya air pengunungan melewati kampung menambah gairah para  penggemar rafting.

Sumber air yang keluar dari rimbunya kedalaman hutan mengalir sepertinya tanpa batas untuk menghidupi kehidupan masyarakat. juga dapat dimanfaatkan untuk sistem air siap minum, olah raga air atau permainan air.

Hal ini  menunjukkan betapa lengkapnya karunia Tuhan pada kampung ini, maka dengan rasa syukur pada Tuhannya dan dengan sentuhan kemurnian keikhlasan para penduduk dan pendukung pemberdayaan masyarakat melalui potensi alam dan lingkungan yang mempesona ini  dimungkinkan  dusun ini dikembangkan menjadi kampung wisata yang juga merupakan alternative pengembangan wisata baru dikota Batu.

Seni dan Budaya

Seni dan budaya adalah kegiatan yang tidak pernah terpisahkan dengan aktifitas dusun ini, kegiatan kerajinan batik, tari tadisional, nyanyian masyarakat sering berkumandang. aneka masakan yang bernuansa dingin, cindramata adalah kegiatan sehari-hari para penduduk untuk pemanfaatkan waktu selain bertani. Kegiatan ini memungkinkan untuk dijadikan produk  sebagai daya tarik para wisatawan.

Kerukunan dan sikap gotong royong masyarakat yang siap membantu satu sama lainya yang tersebar diwilayah ini menjadikan kekuatan modal utama untuk membangun sistem ekonomi rakyat investasi masarakat. Sistem ini yang akan menjadi kekuatan yang terpenting untuk memulai masyarakat berdaya.

Pusat jajanan, pusat oleh-oleh pusat cindramata menjadi pilihan pengrajin untuk berkarya di kampung wisata ini. Pusat seni dan budaya juga menjadi pilihan masyarakat untuk melestarikan budaya bangsa yang agung ini.

Contact

  • Kordinator Kampung Wisata Kungkuk
    P. Purwito
    CP : 08170473289
    Flexi : 0341 – 8646488

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: